17 Desember, 2007

Hasil KTT Bali

Disetujui, Beberapa Kegiatan di Tahun 2006

Suasana menjelang upacara penandatanganan deklarasi KTT Ke V D-8 di Bali, Sabtu (13/5) malam. (foto: abror/presidensby.info)
Suasana menjelang upacara penandatanganan deklarasi KTT Ke V D-8 di Bali, Sabtu (13/5) malam. (foto: abror/presidensby.info)
Nusa Dua Bali : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua D - 8 menyatakan bahwa KTT ke - 5 D - 8 yang diselenggarakan di Bali ini, telah menyetujui kegiatan - kegiatan yang akan diimplementasikan tahun 2006 ini.

Kegiatan - kegiatan tersebut, jelas Presiden, adalah launching proyek capacity building pembiayaan kredit mikro yang akan dilakukan oleh Indonesia, workshop dalam pengumpulan data dan klasifikasi sistem dan manajemen oleh UKM dengan tuan rumah Pakistan, pertemuan komisi setelah KTT yang akan dilakukan oleh Indonesia, serta workshop mengenai proyek baru yang spesifik di bidang industri seperti digital microscopy, identifikasi DNA, teknologi sidik jari dan pemompaan gas alam yang akan diatur penyelenggaraannya oleh Iran.

Dijelaskan oleh Presiden, kegiatan lain adalah pertemuan para pakar dalam bidang lingkungan, termasuk pariwisata yang berbasis alam oleh Iran, Working Group Meeting di bidang industri oleh Malaysia, Third Working Group Meeting di bidang energi oleh Indonesia, seminar di bidang pertanian buah zaitun dan kunyit oleh Pakistan, serta Workshop on ancaman bahaya dan peluang dalam globalisasi pedesaan oleh Bangladesh.

Ditambahkan, kegiatan lainnya adalah workshop dalam hal pengembangan infrastruktur keuangan oleh Mesir, inisiasi kerjasama antara institusi - institusi keilmuan, penelitian, dan universitas negara - negara D - 8 yang disponsori oleh Mesir dan Nigeria, serta penyelenggaraan pertemuan HLTO pertama dari serangkaian pertemuan yang akan diadakan untuk menutup draft rule of origin dan beberapa instrumen yang terkait ke implementasi PTA, akan diselenggarakan Pakistan.

" Kami, para pimpinan D - 8 juga sudah mencapai kesepakatan dalam keperluan untuk meningkatkan kantor direktur eksekutif menjadi Sekretariat D - 8, melihat makin meningkatknya beban pekerjaan dari grup, sejak kita mulai untuk mengimplementasikan strategi, kebijakan dan konsep yang dilahirkan dalam Deklarasi Bali dan ketentuan - ketentuan dalam dua perjanjian yang ditandatangani, " kata Presiden. "Melihat apa yang telah berhasil kami selesaikan, saya yakin bahwa KTT ini telah bermanfaat dan saya berharap untuk perluasan dan pendalaman dari kerjasama D - 8 ini, " jelas Presiden. ( nnf )

Tidak ada komentar:

PROFIL X-POSE

Foto saya
Situbondo Jawa Timur, Email: xpose_news@yahoo.com, Indonesia
PENDIRI: PEMIMPIN REDAKSI / UMUM: ARI SYAMSUL ARIFIN. REDAKTUR PELAKSANA ONLINE: DIDIK BINTARA H. REPORTER: ANIES SEPTIVIRAWAN + CREW X-POSE