05 Januari, 2008

Investigasi

Warga Klakah Keluhkan Air PDAM, Terpaksa Manfaatkan Air Bersih di Depan Kantor Kecamatan

Setelah musim kemarau panjang yang telah menyebabkan sejumlah daerah mengalami kekeringan dan krisis air, akhirnya warga amsyarakat Kecamatan Klakah kekurangan air bersih. Air bersih yang diandalkan dari Perushaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lumajangpun tidak bisa dimanfaatkan karena sering macet mengalirnya. Tak pelak, warga Kecamatan Klakah sangat membutuhkan adanya air bersih.

Dan sebelum musim penghujan tiba, mereka telahs ekitar 3 bulan lebih tak mendapatkan air bersih.

Padahal, di Kecamatan Klakah yang notabene memiliki ranu yang besar yakni salah satunya Ranu Klakah yang ada di desa Tegalkandu, Ranu Pakis di desa Ranu pakis dan ranu lading di desa Sumber Wringin namun tidak bisa menyediakan air bersih bagi warga Kecamatan Klakah dan sekitarnya.

Agaknya pemerintah perlu membuat sebuah terobosan baruagar para warga dapat memperoleh air bersih yang bisa dimanfaatkan sebagai MCK (mandi cuci, dan kakus) yang layak konsumsi.

Menurut salah satu warga Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur saat ditemui tabloid X-pose mengakui bahwa di wilayahnya memang kekuarang air bersih setelah sekian bulan aliran air PDAM tidak sempurna alias macet.

“Ya terpaksa saya selalu emmanfaatkan adanya air yang ada di depan Kantor Kecamatan Klakah, mas. Mau mengambil di amna lagi kalau nggak di situ, sebab di situ airnya bersih dan layak dikonsumsi,” ujar salah satu warga Klakah yang enggan dikorankan namanya kepada X-pose beberapa wktu lalu di rumahnya.

Sementara itu ketika tabloid X-pose berupaya mengkonfirmasikan seputar hal tersebut kepada Kepala Kantor Kecamatan Klakah, Drs. Chotibul Imam, mengatakan bahwa, “Saya selaku pak Camat di Klakah ini ya cukup menayadari kalau para warga memanfaatkan air bersih di depan kantor karena selama ini aliran air dari pihak PDAM selalu ngadat dan macet, maka jangan salahkan warga jika mengambil air bersih di sini,” ujarnya kepada Tabloid X-pose beberapa wktu lalu di ruang kerjanya. (eko sudjana)

Tidak ada komentar:

Arsip Berita Klik disini

PROFIL X-POSE

Foto saya
Situbondo Jawa Timur, Email: xpose_news@yahoo.com, Indonesia
PENDIRI: PEMIMPIN REDAKSI / UMUM: ARI SYAMSUL ARIFIN. REDAKTUR PELAKSANA ONLINE: DIDIK BINTARA H. REPORTER: ANIES SEPTIVIRAWAN + CREW X-POSE