24 Januari, 2008

Melongok Pesona Kebun Raya Samarinda Yang Alami

Kalimantan yang terkenal dengan hutannya yang lebat yang ditumbuhi oleh berbagai jenis kayu berkualitas eksport karena sangat bagus untuk bahan baku rumah dan kerangka jembatan serta yang lainnya. Akhir-akhir ini sudah jadi buah bibir publik dan bukan rahasia lagi kalau hutan Kalimantan sudah mulai gundul karena ulah tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab. Selain penebangan hutan yang liar juga tidak adanya upaya penanaman kembali (reboisasi) sudah dapat dipastikan hutan Kalimantan yang dikenal rimbun akan menjadi kenangan saja.

Salah satu contoh hasil hutan yang sangat terkenal dan berkualitas adalah kayu ulin dan bengkirai yang merupakan kayu khas hutan Kalimantan. Namun tragisnya saat ini dua jenis kayu tersebut sudah mulai punah dan sulit ditemui kembali, tidak mustahil akan tinggal kenangan dan cerita bagi anak cucu sebagai generasi penerus. Walaupun pemerintah bersama penegak hukum mengeluarkan larangan keras pada penebangan hutan namun para pembalak ini tidak pernah jera dan tetap mencari celah agar lolos dari jeratan penegak hukum.

Bila melintas dijalan poros Samarinda – Bontang tepatnya di Kelurahan Tanah Merah, anda akan melihat Cagar Alam yang biasa disebut Kebun Raya Samarinda (KRS). Kebun Raya ini adalah lahan sebuah perguruan tinggi Negeri di Samarinda yaitu UNMUL. KRS ini patut dibanggakan dan perlu dukungan serta seyogyanya dijadikan acuan oleh masyarakat Kalimantan agar melestarikan sumber daya alam Kalimantan.

Dalam kunjungannya X-pose ke KRS sangat terpana oleh pemandangan yang ada di dalamnya karena sangat alami. Kita akan dapat mengetahui dan mempelajari beberapa jenis tumbuhan hutan yang ada di Kalimantan yang sudah dilengkapi dengan nama Indonesia dan Latin. Selain dari pada itu banyak juga satwa yang hidup di hutan Kalimantan yang bisa dilihat oleh para pengunjung. Di tempat ini para pengunjung dapat menikmati keindahan hutan dan aneka ragam satwa juga ditambah dengan kolam sebagai sarana hiburan sepeda air yang sekaligus tempat memancing. Sungguh tempat yang tepat dan nyaman untuk menghilangkan penat, apalagi ditemani orang-orang yang kita cintai.

Selain tempatnya yang luas bagi pengendara roda empat juga lahan parkir yang sangat memadai dan aman dari tangan-tangan jahil. Pada hari-hari libur KRS sering mendatangkan artis-artis Ibu kota untuk menambah jamuan para pengunjung. Jadi tak ayal kalau warga Samarinda dan dari luar daerah memadati tempat ini saat liburan tiba. (tato/red)

Tidak ada komentar:

Arsip Berita Klik disini

PROFIL X-POSE

Foto saya
Situbondo Jawa Timur, Email: xpose_news@yahoo.com, Indonesia
PENDIRI: PEMIMPIN REDAKSI / UMUM: ARI SYAMSUL ARIFIN. REDAKTUR PELAKSANA ONLINE: DIDIK BINTARA H. REPORTER: ANIES SEPTIVIRAWAN + CREW X-POSE