24 Januari, 2008

PENGHARGAAN TAHUN 2001 BUAT KALTIM



PENGHARGAAN TAHUN 2001 BUAT KALTIM

1. Kurang dari 1 tahun H. Achmad Amins memimpin Kota Samarinda, telah menerima penghargaan pertama yang diraih oleh Pemerintah Kota Samarinda, ketika salah satu Kelurahan di Kota Samarinda yaitu Kelurahan Air Putih berhasil meraih juara I dalam lomba Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Propinsi Kalimantan Timur dan berhak mengikuti lomba ditingkat nasional.
2. Selanjutnya masih pada tahun 2001 Pemerintah Kota Samarinda kembali mendapatkan Penghargaan ANUBHAWA SASANA DESA dari Menteri Kehakiman dan HAM yang berkaitan dengan keluarga sadar hukum.
3. Pada tahun 2001 Kota Samarinda diberi Piala WTN (Wahana Tata Nugraha) sebagai salah satu Kota Besar di Indonesia yang berhasil menata kotanya dengan baik.
4. Pemerintah Kota Samarinda kembali mendapatkan penghargaan sebagai Juara I Tingkat Propinsi kategori Ketahanan pangan dikalangan petani (Interpeksi Khusus Padi).dan dianugrahkan oleh Presiden Republik Indonesia
5. Prestasi dan penghargaan Gerakan Pramuka kepada Drs. H. Achmad Amins dari kwartir Nasional berupa “Panca Warsa II”. Pada tanggal 14 Agustus 2001 di Berau.
6. Penghargaan pada Hari Aksara Internasional (HAI ) ke XXXVI
Kriteria :
• Mengalokasikan dana APBD tahun 2001 untuk Program Pendidikan luar Sekolah diatas Rp. 300.000.000,- ( tiga ratus juta rupiah )
• Mempunyai rencana strategi tahun 2001-2004 tentang Program dan Anggaran PLS.
• Struktur Organisasi PLS jelas dalam Organisasi Pemerintah Kota.
• Telah Membentuk Komite/ Sub Komite PLS Kota.

PENGHARGAAN TAHUN 2002

1. Keberhasilan Pemerintah Kota Samarinda menata dan membenahi kota maka pada tahun 2002 Kota Samarinda kembali Menerima Piala WTN sebagai salah satu Kota Besar di Indonesia yang memiliki ketertiban di bidang Lalu Lintas.
2. Ketika Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pertanian Kalimantan Timur mengadakan Lomba Kontes Pisang yang diikuti beberapa Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Timur Peserta dari Kota Samarinda yang didandani oleh Dinas Pertanian Kota Samarinda berhasil keluar sebagai Juara I.
3. Kemudian pada tanggal 14 Agustus 2002 Samarinda menerima penghargaan Gerakan Pramuka atas pengabdian & Perhatian bapak H. Achmad Amins berupa “Lencana Dharma Bakti”.
4. Bulan Desember 2002 Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Samarinda berhasil menjadi juara I di tingkat Nasional pada lomba tingkat V Nasional di Cibubur Jakarta.

PENGHARGAAN TAHUN 2003

1. Keberhasilan H. Achmad Amins melakukan inovasi manajemen dilingkungan Pemerintah Kota Samarinda dan didukung oleh semua stafnya, pada tahun 2003 Pemerintah Kota Samarinda memperoleh penghargaan dari Menteri Dalam Negeri atas partisipasinya dalam Inovasi Manajemen Perkotaan dalam judul Profil Pengadaan Lahan Untuk Kepentingan Umum Melalui Penyelesaian Dampak Sosial Pembangunan Infrastruktur Samarinda.
2. Dibidang pelayanan masyarakat, Ahmad Amins atas nama Pemerintah Kota Samarinda telah mendapatkan penghargaan berupa judul Profil Unit Terpadu, dan pada lomba Kelurahan tingkat Propinsi Kalimantan Timur berhasil sebagai juara I, Kota Samarinda diwakili kelurahan Gunung Kelua kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda berhak mewakili Kalimantan Timur di Tingkat Nasional sekaligus mengikuti kegiatan HUT RI tahun 2003 di Jakarta.
3. Pemerintah Kota Samarinda dibawah nahkoda H. Acmad Amins, pada tahun 2003 telah menyelesaikan perjanjian kerjasama dengan Kota Tigrad Negara Bagian Oregon, Amerika Serikat, dimana menghasilkan keputusan terpilihnya Kota Samarinda sebagai salah satu kota inti di Indonesia untuk membimbing penyusunan anggaran berbasis kinerja di Kabupaten / Kota sekitarnya. Perjanjian kerjasama ini di lanjutkan lagi untuk tahu 2004-2005 yang telah di tandatangani bukan saja antara pemerintah Kota Samarinda dan Kota Tigard tetapi juga bersama kota Balikpapan.
4. Sebagai hasil upaya bersama dalam melakukan penataan lalu lintas di Kota Samarinda, Pemerintah pusat kembali memberikan penghargaan yang ke-empat kalinya kepada Pemerintah Kota Samarinda berupa Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2003. kriteria penilaian untuk memerima penghargaan tersebut bukan hanya dari tertib lalu lintas saja, tetapi juga besarnya anggaran yang di keluarkan Pemerintah Kota Samarinda untuk menata jalan-jalan di Kota Samarinda, Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan perhubungan dan transportasi darat, kelembagaan serta penilaian lapangan yang meliputi pelayanan terminal, pelayanan pengujian kendaraan bermotor dan pelayanan Surat Izin Mengemudi.
5. Berkaitan dengan bidang keagamaan pada tahun 2003, Pemerintah Kota Samarinda di wakili Masjid Shirathal Mustaqiem Kecamatan Samarinda Seberang berhasil meraih juara II pada kegiatan Festival Masjid bersejarah Nusantara di Jakarta.
6. Atas dasar prestasi dan keberhasilan dalam pembinaan remaja dan pemuda, pada tahun 2003 Pemerintah Kota Samarinda menerima penghargaan ADHITYA KARYA MAHATVA YODA dari Karang Taruna Indonesia Pusat, penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Menteri Sosial kepada Walikota Samarinda.
7. Sebagai bentuk keberhasilan pembinaan pemuda khususnya Gerakan Pramuka, pada tahun 2003, Gerakan Pramuka Cabang Samarinda mengirim 10 orang anggota mewakili Indonesia untuk menjadi Duta Jambore Dunia yang diselenggarakan di Thailand.
8. Komitmen H. Achmad Amins dalam meningkatkan kesehatan masyarakat tidak diragukan lagi, pada tahun 2003 telah membangun Puskesmas plus yang bisa digunakan untuk rawat inap di Kec. Palaran dan pada tahun mendatang akan dikembangkan di kecamatan lainnya. Pemerintah Kota juga memberikan Apresiasi yang tinggi atas penetapan SD Negeri 014 Palaran dan SLTP Negeri 5 Samarinda sebagai juara I Lomba Sekolah Sehat Tingkat Propinsi Kalimantan Timur dan berhak mewakili Kalimantan Timur dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional pada tahun 2004.
9. Di Bidang Pendidikan H. Achmad Amins memang sangat peduli, beberapa sekolah diminta agar dijadikan sebagai sekolah percontohan dan harus mampu berkompetisi dengan sekolah lainnya di Pulau Jawa. Bagi Achmad Amins, pendidikan adalah langkah dasar yang harus dipacu bila ingin meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat di kota ini. Atas perhatian dan dukungan moril; maupun materiil beliau ke SMP 5 Samarinda sebagai salah satu sekolah percontohan akhirnya SMP 5 keluar sebagai salah satu sekolah yang menerima penghargaan dibidang kebersihan sekolah dan penataan taman tingkat Nasional yang di serahkan di Jakarta oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
10. Sebagai bentuk keberhasilan pembinaan terhadap Koperasi di Kota Samarinda. Koperasi Karyawan Karya Bersama PT. Sumber Mas Grup Samarinda dan Koperasi Pegawai Negeri (KNP) Sri Rejeki Dinas Pertanian Tanaman Pangan Prop. Kaltim, menerima penghargaan Koperasi terbaik dan berprestasi tingkat nasional dari 467 Koperasi yang diusulkan dari seluruh Indonesia telah terpilih 6 koperasi terbaik dan berprestasi sebagai penerima Visual Golden Award 2003 dari Kementerian Koperasi.
11. Pada tahun 2003 Pemerintah Kota Samarinda menerima penghargaan ketahanan pangan tingkat nasional dari Presiden RI yang diterima langsung oleh Kelompok TANI MULYA dari Kelurahan Bukuan Kec. Palaran yang memperoleh juara harapan III kategori kelompok tani ternak/domba dan juara III inseminator tingkat nasional yang diberikan kepada Bapak SUKRO WINOTO dari Kelurahan Rawa Makmur Kec. Palaran.
12. Dalam pembinaan Usaha Pembenihan Rakyat (UPR). UPR Mukti berhasil meraih juara I lomba UPR tingkat Propinsi Kalimantan Timur.
13. Pada lomba ketahanan pangan Se-Kalimantan Timur, Pemerintah kota Samarinda meraih juara III.
14. Pemerintah Kota Samarinda pada setiap ulang tahunnya selalu memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh yang telah berjasa dalam membangun kota Samarinda masing-masing dibidang agama, pendidikan, jasa, kesenian, budaya,olahraga dan pembangunan lainnya.
15. Penghargaan dari Direktur Jenderal Bina Produksi Peternakan diberikan kepada kelompok Tani “MULYA” sebagai Nominasi Sepuluh Besar Lomba Kelompok Tani Agribisinis Peternakan Tingkat Nasional Tahun 2003 Untuk Jenis Ternak Kambing.
16. Penghargaan dari Direktur Jenderal Bina Produksi Peternakan diberikan kepada “SUKRO WINOTO” sebagai peringkat VIII inseminator terbaik tingkat nasional Tahun 2003.
17. Pada tanggal 25 Desember s/d 12 Januari 2003 Gerakan Kwarcab Kota Samarinda mewakili Negara Indonesia untuk mengikuti kegiatan Jambore Internasional ke 26 ( World Scount Jambore) di Thailand Bangkok.
18. Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur Melalui Dinas Peternakan Kelimantan timur Menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kantor Peternakan Kota Samarinda Sebagai JUARA UMUM Pada Kontes Ternak / Promosi Bibit Ternak Tingkat Propinsi Kalimantan Timur yang di selenggarakan pada Tanggal 17 s/d 20 Desember 2003 di Samarinda
19. Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Peternakan Kalimantan Timur,memberikan Penghargaan kepada ARDANI SUGIARTO dari Kelurahan Lempake Kota Samarinda sebagai Juara I , Kategori Kambing Peranakan Etawah ( PE ) Calon Bibit Betina Pada Kontes Ternak / Promosi Bibit Ternak Tingkat Propinsi Kalimantan Timur Yang di laksanakan pada Tanggal 17 s/d 20 Desember 2003 di Samarinda
20. Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Peternakan Kalimantan Timur ,Memberikan Penghargaan Kepada ARDANI SUGIARTO dari kelurahan Lempake Kota Samarinda Sebagai Juara I , Kategori Kambing Peranakan Etawah ( PE ) Calon Bibit Jantan Pada Kontes Ternak / Promosi Bibit Ternak Tingkat Propinsi Kalmantan Timur yang dilaksanakan pada Tanggal 17 s/d 20 Desember 2003.
21. Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Peternakan Kalimantan Timur, memberikan piagam penghargaan kepada SUPRIADI dari Kelurahan Lempake Kota Samarinda sebagai Juara II,Kategori Kambing Peranakan Etawah (PE) Calon Bibit Betina pada Kontes Ternak/Promosi Bibit Ternak Tingkat Propinsi Kalimantan Timur yang di Laksanakan Pada Tanggal 17 s/d 20 Desember 2003 di Samarinda.
22. Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Peternakan Kalimantan Timur, memberikan piagam penghargaan kepada SUDADI Kelurahan Loa Bahu Sebagai Juara III, Kategori Kambing Peternakan Etawah (PE) Calon Bibit Jantan Pada Kontes Ternak / Promosi Bibit Ternak Tingkt Propinsi Kalimantan Timur Yang Dilaksanakan Pada Tanggal 17 s/d 20 Desember 2003 Di Samarinda.
23. Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Peternakan Kalimantan Timur, memberikan piagam penghargaan kepada ARDANI SUGIARTO Kelurahan Lempake Sebagai Juara Favorit, Kategori Kambing Peranakan Etawah (PE) Pada Kontes Ternak / Promosi Bibit Ternak Tingkat Propinsi Kalimantan Timur Yang Dilaksanakan Pada Tanggal 17 s/d 20 Desember 2003 di Samarinda
24. Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Peternakan Kalimantan Timur, memberikan Piagam Penghargaan Kepada SUKRO WINOTO Dari Samarinda sebagai Inseminator Teladan Tingkat Propinsi Kalimantan Timur Tahun 2003.


PENGHARGAAN TAHUN 2004

1. Penilaian KTN (Kelompok Tani Nelayan) terhadap Kabupaten/kota Se-Indoensia telah memutuskan memberikan penghargaan Peniti Emas “ADI BHAKTI TANI NELAYAN KELAS UTAMA” yang langsung diterima Walikota Samarinda H. Achmad Amins atas perhatian dan komitmennya membantu masyarakat petani di Kota Samarinda tanggal 25 mei 2004.
2. Sebagai bentuk keberhasilan dalam membenahi persoalan sampah dan peningkatan keasrian Kota Samarinda kembali mendapatkan Piala Adipura dalam kategori Kota Besardi Jakarta pada tanggal 7 Juni 2004.
3. Ketokohan H. Achmad Amins di masyarakat kota Samarinda tidak dapat diragukan lagi, beliau dikenal dimana-mana dan memiliki kewibawaan yang tinggi. Di pertengahan tahun 2004 Bapak Achmad Amins memperoleh penghargaan dari PT. Telkom karena ketokohannya.
4. Keaktifan Achmad Amins di Kepemudaan sudah diketahui semua orang sebab beliau sangat konsisten dan punya komitmen tinggi dalam membina kepemudaan di Kota Samarinda dan Kalimantan Timur. Pantas saja beliau memperoleh penghargaan Kepemudaan tingkat Nasional pada acara puncak hari Sumpa Pemuda tanggal 28 Oktober 2004 di Jakarta dari Presiden Republik Indonesia.
5. Achmad Amins adalah orang yang benci terhadap laporan yang asal-asalan, beliau memiliki komitmen pengolaan administrasi yang transparan dan akuntabel. Atas binaan beliau, maka BAPEDALDA kota Samarinda memperoleh Penghargaan Penyusunan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) terbaik tingkat Nasional di Jakarta .
6. Penilaian KTN (Tani Negara) Mendapat penghargaan Peniti Emas ADI BHAKTI TANI NELAYAN KELAS UTAMA pada tanggal 5 Juni 2004.
7. Pemerintah Kota Samarinda mendapatkan penghargaan di bidang keuangan dalam hal Sistem Penggajian PNS pada tanggal 26 Mei 2004.
8. Satya Lencana Wira Karya Bidang Koperasi (Jakarta, 12 Juli 2004)
9. Piala WTN 19 Pebruari 2004 di Jakarta (Apel Penerimaan Di GOR Segiri 25 Pebruari 2004)
10. Penghargaan “Citra Pelayanan Prima 2004” pada pelayanan UPTD & Puskesmas (Jakarta, 6 September 2004) (UPTD Dispenda dan Puskesmas Wonorejo).
11. Penghargaan Bidang Pertanahan Samarinda BPN ( Badan Pertanahan Nasional) Pusat dalam kategori kelancaran Pelayanan BPN Kaltim, pada apel Peringatan Hari Bakti Agraria 2004 di Samarinda tanggal 24 September 2004
12. Penghargaan Satya Lencana Pembangunan/Wira Karya bidang Ketahanan Pangan (Jakarta, 10 Desember 2004).

PENGHARGAAN Tahun 2005

1. Penghargaan sebagai “TOKOH PELOPOR PEMBINA & PENGEMBANGAN PEMUDA REMAJA MASJID” pada tanggal 9 Pebruari 2005.
2. Penghargaan “MANGGALA KARYA” atas penghargaan keberhasilan dalam menjalankan Program Keluarga Berencana (KB) pada tangga 3 Juli 2005 tepat pada hari HARGANAS ke 12 ( Hari Keluarga Nasional )
3. Penghargaan Dari serikat Pers RI sebagai Tokoh Peduli Pers.
4. Penghargaan di bidang kepemudaan yaitu ANUGERAH KEPEMUDAAN tahun 2005 pada tanggal 28 Oktober 2005 di Jakarta dari Presiden.
5. Penghargaan Penyusunan laporan SLHD (Status Lingkungan Hidup Daerah) terbaik 2004 pada Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional ( HCPSW) pada selasa tanggal 13 Desember 2005 di Jakarta.
6. Samarinda pada tanggal 14 Agustus 2005 menerima Pengharagaan Gerakan Pramuka berupa “Lencana Panca Warsa III”.

PENGHARGAAN Tahun 2006

1. Penghargaan dari REI (Real Estate Indonesia ) atas “KEPEDULIANNYA DALAM MENYEDIAKAN SARANA PERUMAHAN MURAH BAGI MASYARAKAT” yang diserahkan langsung oleh Ketua REI Lukman Purnomosidi, didampingi Menteri Perumahan Rakyat Muhammad Yusuf Arsyari & Menteri Lingkungan Hidup Racmad witoelar di Panggung terbuka Komlek Wisata Candi Prambanan Yogyakarta.
2. Piala WTN ( Wahana Tata Nugraha) ke-8 dan Plakat tertib lalulintas angkutan kota tahun 2005di Jakarta diterima Pemkot Samarinda pada tanggal 22 Maret 2006.
3. Penghargaan sebagai Pembina Terbaik Sekolah Sehat Tingkat Propinsi Kalimantan Timur dari Tim Pembina UKS Kaltim pada tanggal 2 Mei 2006.
4. Penghargaan Otonomi Award kategori Akuntabilitas terbaik dari Jawa Institut For Pro Otonomi mei 2006 diserahkan oleh CEO Jawa Post Dahlan Iskan.
5. Penghargaan Investment Award tanggal 12 Juni 2006 dari KPPOD yang deserahkan oleh Menteri Perekonomian Boediono.

6. Penghargaan sebagai Walikota Terbaik dalam kategori kerukunan antar umat beragama dari Deputi Menteri Pemuda & Olah Raga Ir.Tunas Widianto pada tanggal 25 Juni 2006 di Samarinda.
7. Penghargaan Penyusunan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) 2006 dari menteri Lingkungan Hidup Rachmat Witular. Pada tanggal 27 Juni 2006 di Jakarta.
8. Berkat pembinaan yang intensif dari Walikota melalui Kantor Koperasi & UKM, KPN Medika Samarinda keluar sebagai Koperasi Konsumen Berprestasi tahun 2006 berdasarkan SK. Menteri Koperasi No. 71/Kep./M.UKM/VII/2006 diserahkan secara simbolis oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Pekalongan Jawa Tengah pada Juli 2006.
9. Penghargaan Bintang Jasa Pratama diacara puncak Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara Jakarta tahun 2006 yang menunjukan bahwa beliau telah banyak berjasa dalam bidang Pembangunan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah serta sektor usaha jasa lainnya dalam rangka Program Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan untuk meningkatkan kesejahteraan taraf hidup masyarakat di Kota Samarinda. Selama dipimpin beliau Samarinda mencatat pertumbuhan peningkatan ekonomi yang cukup signifikan sekaligus membuktikan beliau memiliki komitmen yang kuat terhadap pembangunan dibidang Koperasi dan UKM.
10. Penghargaan yang diberikan oleh Pengurus Pusat Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Keluarga Sakinah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia ( LPPK Sakinah BKPRMI ) dalam bentuk “SAKINAH AWARD” dengan 3 kategori yaitu sangat peduli terhadap pengembangan Islam , Harmonis dalam berumah tangga dan taat menjalankan ajaran agama. diserahkan di Asrama Haji Nangroe Aceh Darussalam pada tgl 30 Agustus 2006, oleh Ketua Umum BKPRMI Ir. H. Azwar Anas.
11. Warta Ekonomi E-Gov Award dari Majalah Warta Ekonomi bertajuk special achievement for successful e-government improvement in public service. Award diberikan oleh Redpel WE JB Susetiyo kepada Walikota Drs H Achmad Amins MM di Hall Borobudur Inna Garuda Hotel, Jogjakarta, Kamis (14/9). Pemkot Samarinda mendapatkan award ini karena dinilai sukses memberikan kemudahan pelayanan di bidang pemerintahan kepada masyarakat serta menciptakan transparansi melalui penerapan teknologi.
12. Penghargaan sebagai terbaik I Kenerja Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan ( GN-RHL/Gerhan) dari Propinsi Kalimantan Timur kepada Walikota Drs. H. Achmad Amins, MM diserahkan oleh Plt. Gubernur Kaltim Drs. Yurnalis Ngayoh pada acara peringatan GN-RHL/ Gerhan di Berambai, Samarinda Utara . Kamis (14 Desember 2006). Prestasi atas pembinaan pak amins yang terus menerus melalui Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan (Distanhutbun) kepada kelompok tani Berambai Harapan Utama.

PENGHARGAAN Tahun 2007
1.Walikota Samarinda Drs H Achmad Amins MM menorehkan satu prestasi lagi. Bertepatan dengan peringatan HUT Pemprov Kaltim Selasa (9/1) kemarin, Amins menerima penghargaan sebagai pembina olahraga terbaik. Penghargaan diserahkan Plt Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh.

Tidak ada komentar:

Arsip Berita Klik disini

PROFIL X-POSE

Foto saya
Situbondo Jawa Timur, Email: xpose_news@yahoo.com, Indonesia
PENDIRI: PEMIMPIN REDAKSI / UMUM: ARI SYAMSUL ARIFIN. REDAKTUR PELAKSANA ONLINE: DIDIK BINTARA H. REPORTER: ANIES SEPTIVIRAWAN + CREW X-POSE