24 Januari, 2008

Presiden Yudhoyono Jenguk Soeharto

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono Sabtu [05/01] siang sekitar pukul 11.30 WIB menjenguk mantan Presiden Soeharto yang dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP). Mantan Presiden Suharto dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) hari Juamt 4 Januari.

Kedatangan Presiden Yudhoyono di RSPP disambut oleh Ketua tim dokter kepresidenan Mardjo Soebiandono. Presiden Yudhoyono yang siang itu mengenakan kemeja batik lengan panjang berwarna hijau dan Ibu Negara yang mengenakan kemeja kuning dengan didampingi sejumlah pengawal presiden dan tim dokter kepresidenan langsung menuju ke ruang rawat inap mantan penguasa di era orde lama itu. Sebelumnya sejumlah pasukan pengawal presiden tampak mengamankan situasi di halaman luar dan di dalam RSPP menjelang kedatangan Presiden Yudhoyono.

Mantan Presiden Soeharto pada Jumat siang, pukul 14.15 WIB, dibawa ke RSPP untuk mendapatkan perawatan medis. Penguasa Orde Baru itu menempati ruang “president suite” Nomor 536 di lantai lima gedung RSPP.

Ketika memberikan keterangan kepada pers pada Sabtu pagi, Mardjo mengatakan kondisi kesehatan Soeharto makin menurun. Ia mengatakan keadaan umum kesehatan mantan presiden itu masih lemah dengan tekanan darah 80/50 ml/Hg. “Jantung dan paru-paru masih belum membaik dengan obat-obat yang diberikan. Penumpukan cairan di seluruh tubuh juga makin bertambah terutama di paru-paru,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, pemeriksaan di laboratorium menunjukkan kadar haemoglobin makin menurun yaitu 8,3 gr persen. “Fungsi ginjal juga makin menurun kerjanya,” katanya didampingi tim dokter kepresidenan ketika mengumumkan data sementara tim dokter.

Doakan Kesehatan Soeharto

Dalam kunjungan singkatnya menjenguk mantan Presiden Soeharto yang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendoakan kesehatan pendahulunya itu.

Hal tersebut dikemukakan oleh salah satu anggota tim dokter kepresidenan Djoko Raharjo kepada wartawan di RSPP Jakarta, Sabtu siang, seusai kunjungan Presiden Yudhoyono selama 20 menit. “Beliau mendoakan kesehatan Pak Harto (Soeharto–red),” katanya.

Setelah menjenguk mantan Presiden Soeharto, Presiden Yudhoyono tampak melambaikan tangan kepada para wartawan yang menantinya di halaman RSPP.

Kehadiran Presiden Yudhoyono yang didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono itu sempat memancing rasa ingin tahu para pasien dan keluarga pasien RSPP yang berkerumun di sekitar pintu masuk.

Menkes

Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengunjungi mantan Presiden Soeharto, di Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP), Jakarta, Sabtu. Menkes tiba di RSPP sekitar pukul 13.45 WIB. Sekitar 10 menit kemudian Menkes telah meninggalkan RSPP. “Kondisi kritis, masih belum bisa diajak bicara,” katanya ketika ditanya wartawan tentang kondisi Soeharto.

Sebelumnya pada pukul 13.20, Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto juga mengunjungi Pak Harto. Wiranto enggan berkomentar lebih banyak ketika ditanya seputar kedatangannya.

Haryono Dan Tri Sutrisno

Sejumlah mantan pejabat negara mulai berdatangan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) untuk menjenguk mantan Presiden RI HM Soeharto yang dirawat di RS tersebut sejak Jumat (4/1) siang.

Menurut pantauan Media, mantan Kepala BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) Haryono Suyono adalah orang pertama yang datang menjenguk Soeharto pada Sabtu pagi sekitar pukul 08.30 WIB. Selain Haryono, pada pukul 10.00 WIB mantan Wakil Presiden di era orde baru Tri Sutrisno juga tampak datang ke ruang rawat inap RS tersebut.

Kedatangan Tri Sutrisno yang melalui pintu samping gedung unit gawat darurat itu sempat tidak diketahui para wartawan yang sejak Jumat siang telah berjaga di halaman RSPP. ( ant )

Tidak ada komentar:

Arsip Berita Klik disini

PROFIL X-POSE

Foto saya
Situbondo Jawa Timur, Email: xpose_news@yahoo.com, Indonesia
PENDIRI: PEMIMPIN REDAKSI / UMUM: ARI SYAMSUL ARIFIN. REDAKTUR PELAKSANA ONLINE: DIDIK BINTARA H. REPORTER: ANIES SEPTIVIRAWAN + CREW X-POSE