17 Desember, 2007

Ribuan Ikan Tawes Mabuk,

Sebagai dampak/akibat dari diadakannya sebuah kegiatan pengerukan oleh pihak Dinas Pengairan Bondowoso, Jawa Timur (Jatim) dalam seminggu terakhir ini, tampaknya telah membuat ribuan ikan Tawes mabuk/teller, akibat kadar air yang berlumpur teramat kental (buthek). Dan mabuknya ribuan ikan tawes di sepanjang aliran sungai di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur tersebut sempat menguntungkan warga penghuni di sepanjang tepi sungai seperti sungai di Lingkungan Paraaman yang membujur dari Pintu Lima Kotakan, Cappore, DAM hingga ke sungai Jembatana Macan/Geledheg Macan sampai Curah Jeru.
Berdasarkan pengamatan Tabloid X-pose di sepanjang sungai yang memberikan berkah rezeki berupa ikan tawes itu, tampak sejumlah orang/warga memegang jala dan sejumlah bak untuk tempat ikan tawes yang tertangkap. Selain di sepanjang sungai Cappore, DAM, Paraaman serta Jembatan Macan dan Jerru, warga juga tampak di sungai Sampeyan yang mengalir dari Pintu Lima Kotakan kea rah barat melintas jembatan dekat Kantor PLN. Dan juga ada warga yang menaui berkah itu di sepanjang daerah aliaran sungai (DAS) belakang Pendopo Kabupaten, di belakang Balai Veteran hingga sungai di belakang Kantor Kelurahan. Dan jenis ikannyapun bermacam-macam. Tidak hanya ikan Tawes yang diperoleh warga. Seperi ikan mujair, misalnya. Bahkan, salah satu warga ada yang berhasil menjual ikannya senilai Rp 20.000 kepada orang yang sedang kebetulan lewat menonton di tepi sungai.
“Yah, lumayanlah, mas, bisa beli – beli rokok,” ujar Heri, warga RT 02/RW 03, Lingkungan Paraamana, Keluahan Dawuhan kepada Tabloid X-pose, Sabtu (8/12) lalu di tepian sungai Paraaman. (ans)

Tidak ada komentar:

PROFIL X-POSE

Foto saya
Situbondo Jawa Timur, Email: xpose_news@yahoo.com, Indonesia
PENDIRI: PEMIMPIN REDAKSI / UMUM: ARI SYAMSUL ARIFIN. REDAKTUR PELAKSANA ONLINE: DIDIK BINTARA H. REPORTER: ANIES SEPTIVIRAWAN + CREW X-POSE