04 Maret, 2008

berita bali

DI TEMUKAN SARKOPAGUS DI DESA ALASANGKER BULELENG BALI BERUMUR 1.200 TAHUN. DAN EMAS YANG ADA DI LOKASI SARKOPAGUS DI JARAH OLEH MASYARAKAT SETEMPAT.


Warga desa alasangker buleleng singaraja bali masih ramai di kunjungi warga dari desa desa tetangga hingga [19/2]warga masih ramai menyaksikan kubur batu alias SARKOPAGUS yang di temukan di areal galian tanah uruk sabtu [16/2].tentu karna penasaran warga setempat dan sekitarnya berdatangan ingin menyaksikan dari dekat wujud kuburan batu tersebut.untuk antisipasi hal hal yang tidak di inginkan polisi memasang garis polisi sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut.Walau sudah ada larangan dari aparat kepolisian namun warga masih saja ingin menjamah benda tersebut karna di anggap membawa keberuntungan. Kepala desa alasangker Putu Sudana mengaku khawatir benda bersejarah itu bisa rusak jika tak secepatnya di amankan ketempat yang semestinya.Sementara itu dinas Dinas Kebudayaan dan pariwisata kabupaten buleleng yang menerjunkan seksi Permuseuman Sejarah dan Kepurbakalaan [PSK] di pimpin kasi PSK Ketut swarna dwipa , mencatat benda batu berupa SARKOPAGUS tersebut berukuran panjang 110 cm , lebar 62 cm ,tinggi 94 cm dan ketebalan 10 cm serta ruangan di dalam batu tersebut berukuran 40cm.

Benda seperti itu biasanya di pergunakan untuk menguburkan orang meniggal dunia dengan status sebagai orang trhormat. Sementara itu Wayan budiasa [43]warga desa tugad mungga di periksa polsi secara intensif di mapolres buleleng rabu [20/2]akibat ulahnya sendiri yang usil mengambil lempengan kuning yang di duga emas yang di ambil di dekat lokasi sarkopagus tersebut.Pasalnya lempengan emas itu diduga berkaitan dengan sarkopagus di desa setempat.Kasat reskrim polres buleleng AKP Ambariyadi wijaya seijin kapolres AKBP setyo dwiantoro rabu [20/2] menyatakan wayan budiasa yang mejadi buruh galian tanah uruk di areal itu mengaku telah menemukan lempengan kuning di lokasi itu sebelum warga menemukan sarkopagus . selain emas dia juga menemukan camplong pasepan [tempat dupa]dan batu kali panjang dan sayangnya lempengan tersebut sudah di jual kepada seseorang dan sebagian lagi telah di jadikan cincin, namun sekarang cincin itu sudah kami sita sedangkan lempengan batu dan tempat dupa sudah di buang karna di anggap tak ada nilainya katanya.Sementara tim balai arkeologi denpasar meluncur ke alasangker guna meneliti sarkopagus tersebut, dan hasilya tim memperkirakan sarkopagus di buat pada tahun 1 sampai dengan 800 masehi atau sekitar 1.200 tahun yang lalu.Sarkopagus tersebut memiliki kesamaan bentuk dan pungsi dengan sarkopagus lainya yang ditemukan di wilayah bali utara seperti desa tigawasa, desa kali bukbuk, dandesa temukus . Yang kesemuanya berada di wilayah buleleng.Koordinator tim balai arkologi Made suastika mengatakan sarkopagus yang ada di desa alasangker tersebut menunjukkan perkembangan jaman batu . dari beberapa temuan benda purbakala di buleleng penduduk buleleng telah lama mengenal perundagian . terbukti dengan berbagai macam artefak berbentuk sarkopagus yang di temukan dan periuk tanah yang memiliki bentuk dan kwalitas sangat baik.Menurutnya penemuan sarkopagus di daerah pedalaman dan pegunungan menunjukkan penyebaran penduduk 1.200 tahun yang lalu itu dapat di katakan tidak hanya di daerah pesisir tapi juga telah memasuki daerah pedalaman seperti di desa alasangker ini katanya.Sarkopagus ini jeles akan kita rawat sebagai sumber sejarah dan tetep lestari.

Tidak ada komentar:

PROFIL X-POSE

Foto saya
Situbondo Jawa Timur, Email: xpose_news@yahoo.com, Indonesia
PENDIRI: PEMIMPIN REDAKSI / UMUM: ARI SYAMSUL ARIFIN. REDAKTUR PELAKSANA ONLINE: DIDIK BINTARA H. REPORTER: ANIES SEPTIVIRAWAN + CREW X-POSE