15 Februari, 2008

BUTA HURUF DI MALANG

Dinas pendidikan kabupaten malang semakin mengintensifkan program pelatihan bagi tutor Keaksaraan Fungsional (KF) sebanyak 159 tutor dimana tutor - tutor tersebut berasal dari kalangan PGRI, PKK dan PKBM(Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Hal ini dikarenakan Kabupaten Malang masih menduduki peringkat teratas mengenai buta huruf di Jawa Timur.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur (Jatim), Rasiyo.

"Dari 38 kota/kabupaten yang ada di Jawa Timur, Kabupaten Malang tampaknya menempati posisi tingkat pertama dimana jumlah orang/warga masyarakat di Malang yang buta huruf mencapai angka 12 ribu jiwa,"

Hal ini diamini oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Suwandi.

Suwandi mengatakan,”Pada tahun 2008 ini, jumlah buta aksara di Kabupaten Malang tersisa 12.216 orang yang kalau ditotal mulai tahun 2003 sampai sekarang berjumlah 28 ribu jiwa, hal ini menunjukkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malang serius mengentas buta aksara," ujarnya kepada Tabloid X-pose beberapa waktu lalu di ruang kerjanya.

Pihaknya menargetkan 8 ribu jiwa bisa baca tulis dan 4.217 jiwa akan dituntaskan pada 2009 mendatang dan hal ini pula yang membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malang giat melakukan pelatihan tutor sukarela guna mencapai target 2009.

Metode yang digunakan yaitu berupa Calistung Dasi (membaca,menulis,berhitung,berdiskusi dan aksi).

Menurut Instruktur Pengajar, Mashadi, SpdI menyebut bahwa metode tersebut telah dibakukan di bawah naungan Organisasi Pendidikan PBB.(suseno/henry)

Tidak ada komentar:

Arsip Berita Klik disini

PROFIL X-POSE

Foto saya
Situbondo Jawa Timur, Email: xpose_news@yahoo.com, Indonesia
PENDIRI: PEMIMPIN REDAKSI / UMUM: ARI SYAMSUL ARIFIN. REDAKTUR PELAKSANA ONLINE: DIDIK BINTARA H. REPORTER: ANIES SEPTIVIRAWAN + CREW X-POSE